Rabu, 09 Oktober 2013

MANFAAT DAN ETIKA DARI SISTEM INFORMASI

Sistem Informasi Manajemen adalah sistem informasi yang menghasilkan output dengan menggunakan input dan berbagai proses yang diperlukan untuk memenuhi tujuan tertentu dalam suatu kegiatan manajemen.

Sistem Informasi Berbasis Komputer
sistem pengolahan suatu data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan computer menjadi peranan  penting dalam sebuah sistem informasi.

Keunggulan kompetitif teknologi informasi
Sistem Informasi Manajemen pun tidak terlepas dari teknologi terutama komputer untuk melakukan berbagai proses. Mungkin secara teori, penerapan Sistem Informasi tidak harus menggunakan komputer dalam kegiatannya. Tetapi pada prakteknya tidak mungkin sistem informasi yang sangat kompleks itu dapat berjalan dengan baik tanpa adanya komputer agar akurat dan efektif. Selain komputer, telekomunikasi jaringan internet pun menjadi faktor penting dalam sistem informasi.
Lima fungsi dasar teknologi dan sistem informasi (apa yang dilakukan)
  1. Capture (menangkap) : Mendapatkan informasi pada titik asalnya/terjadinya
2.      Cradle (menyangga)   : Menyimpan informasi
3.      Create (menciptakan) : Memproses untuk mendapatkan sesuatu yang baru
4.      Convey (menyampaikan) : Menyajikan informasi dalam bentuk yang bermanfaat
5.      Communicate (mengkomunikasikan) : Mengirimnya kepada orang lain

MANFAAT SISTEM INFORMASI
1.      Memberikan informasi yang sudah terjamin kebenarannya
2.      Lebih Efisien
3.      Meningkatkan kemampuan dalam mengambil keputusan
4.      Meningkatkan kualitas informasi
5.      Lebih terjamin ke amanannya

ETIKA SISTEM INFORMASI        

·         Privasi (perlindungan informasi personal seseorang)
Merupakan hak seseorang untuk memberikan atau  tidak informasi yang akan diakses. Yang menyangkut hak individu untuk mempertahankan informasi pribadi dari pengaksesan oleh orang lain yang tidak diberi izin untuk melakukannya.
Privasi dibedakan menjadi privasi fisik dan privasi informasi Privasi fisik ialah hak seseorang untk mencegah sseseorang yang tidak dikehendaki terhadap waktu, ruang, dan properti (hak milik), sedangkan privasi informasi adalah hak individu untuk menentukan kapan, bagaimana, dan apa saja informasi yang ingin dikomunikasikan dengan pihak lain.

·         Akurasi (berkaitan dengan kebenaran informasi)
Merupakan data yang diberikan harus tepat. Akurasi terhadap informasi merupakan faktor yang harus dpenuhi oleh sebuah sistem informasi. Ketidak akurasian informasi dapat menimbulkan hal yang mengganggu, merugikan, dan bahkan membahayakan.

·         Propertis
Merupakan suatu perlindungan terhadap hak cipta. Perlindungan terhadap hak properti yang sedang digalakkan saat ini yaitu dikenal dengan sebutan HAKI(hak atas kekayaan intelektual). Di Amerika Serikat, kekayaan intelektual diatur melalui tiga mekanisme, yaitu hak cipta (copyright), paten, dan rahasia perdagangan (trade secret).

·         Akses
Merupakan akses yang diberikan kepada semua kalangan

Contoh Manfaat dari Sistem Informasi

Penggunaan ATM
automated teller machine dalam perbankan merupakan contoh yang baik dari inovasi teknologi sistem informasi. Dengan adanya ATM, bank-bank besar dapat memperoleh keuntungan strategis melebihi pesaing mereka yang berlangsung beberapa tahun. Penekanan utama dalam sistem informasi strategis adalah membangun biaya pertukaran (switching costs) ke dalam hubungan antara perusahaan dengan konsumen atau pemasoknya.

MODEL SISTEM UMUM
Terbagi menjadi 2 yaitu :
1. Sistem Fisik
merupakan sistem terbuka, yang berhubungan dengan lingkungannya melalui arus sumber daya fisik. Arus sumber daya fisik yang mengalir :
·         Arus material.
·         Arus personil.
·         Arus mesin.
·         Arus uang.
Sistem Fisik Perusahaan sebagai system yang terkendali
2. Sistem Konseptual
Sebagian sistem terbuka dapat mengendalikan operasinya sendiri, sebagian lagi tidak. Pengendalian ini dapat dicapai dengan menggunakan suatu lingkaran yang disebut “Lingkaran Umpan Balik” yang menyediakan suatu jalur bagi sinyal-sinyal dari sistem ke mekanisme pengendalian begitu pula sebaliknya.
a. Sistem Lingkaran Terbuka.
b. Sistem Lingkaran Tertutup.
Pengendalian Manajemen; pihak manajemen menerima informasi yang menggambarkan output sistem.
Pengolah Informasi; Perjalanan informasi tidak selalu dari sistem fisik kepada manajer. Para manajer memperoleh informasi dari sistem yang menghasilkan informasi dari data yang terkumpul.

Pendekatan Sistem
Pada pendekatan sistem disini bahwa komputer dapat berperan pokok dalam metode ini.   Selain itu kita juga akan mengetahui bahwa terdapat perbedaan cara dari tiap – tiap   manajer dalam menanggapi masalah, mengumpulkan informasi serta menggunakan informasi. Pokok pada pendekatan sistem adalah pengidentifikasian (pengenalan) dan pemisahan masalah atau rangkaian masalah yang berhubungan, diikui dengan proses pemecahan yang sistematik.
Pada tahun 1910, Professor John Dewey mengemukakan tiga pendapat atau keputusan yang dilibatkan dalam pemecahan perdebatan secara adil, antara lain :
a. Mengetahui perdebatan tersebut;
b. Mempertimbangkan tuntutan alternatif;
c. Membuat keputusan.

Tujuan Sistem informasi pemasaran (marketing information systems)
menyediakan informasi untuk penjualan, promosi penjualan, kegiatan-kegiatan pemasaran, kegiatan-kegiatan penelitian pasar dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pemasaran.

Daftar pustaka :


                                 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar