Rabu, 02 November 2011

3.) Komponen utama dan Arsitektur pada Komputer

komponen utama yang tidak dapat dipisahkan yaitu :

1. Hardware (perangkat keras),

Merupakan peralatan fisik dari komputer yang dapat kita lihat dan rasakan. Hardware ini terdiri dari ;
  1.       Peralatan Input : Peralatan yang digunakan untuk memasukan data kedalam komputer. Berdasarkan cara memasukan data kekomputer peralatan input dibedakan menjadi 2 bagian :
          a.  Peralatan Input otomatis : " Peralatan yang dapat memasukan data secara otomatis kedalam
                     komputer". contoh : (scanner, flashdisk, webcam).
          b. Peralatan Input dengan bantuan tangan manusia : "Peralatan yang diguanakan untuk memasukan data
                    dengan bantuan manusia". contoh : (Keyboard, mouse, trackball, joystick,lightpen).
     
           2.  Peralatan Output : Peralatan yang digunakan untuk mengeluarkan hasil dari pemrosesan komputer.
B              Berdasarkan bentuk keluaran yang dihasilkan maka peralatan output dapat dibedakan menjadi 2 :
                   a. Hardcopy Device : Peralatan output yang bentuk keluarannya  dalam bentuk media yang keras.
                       contoh : Printer, Plotter.
                   b. Softcopy Device : Peralatan output yang bentuk keluarannya  dalam bentuk elektromagnetik.
                       contoh : Monitor, speaker.
   
           3.  Peralatan Pemrosesan : Peralatan yang digunakan untuk mengolah data yang telah dimasukan oleh
                peralatan Input. Peralatan pemrosesan dalam komputer dikenal dengan nama Central Processing Unit
                (CPU).
             Central Processing Unit terdiri dari 2 bagian :
                       a. Control Unit (Unit Kendali).
                       b. Arithmatic Logical Unit (ALU)
                    Fungsi Control Processing Unit (CPU) :
                       a. Mengendalikan semua peralatan input & output
                       b. Mengatur kerja dari ALU
                       c. Mengatur penempatan data di memori
                    Fungsi ALU :
                       a. Melakukan Proses perhitungan Matematika.
                       b. Melakukan proses perbandingan logika.
               4.  Peralatan penyimpanan : Peralatan yang digunakan untuk menyimpan data dan program didalam 
                    komputer. Berdasarkan kebutuhannya maka peralatan penyimpanan dibedakan menjadi 2 :
                       a. Primary Storage : Peralatan penyimpanan yang harus ada dan letaknya menjadi satu dengan 
                           Motherboard. Contoh : ROM, RAM
                       b. Secondary Storage : Peralatan penyimpanan yang berfungsi untuk menyimpan data dan program
                           secara permanen dan letaknya terpisah dari motherboard. Contoh : Harddisk, flashdisk,
                           floppy disk, compac disk, digital video disk.
                     Berdasarkan hilang atau tidak hilang data yang ada didalamnya ketika aliran listrik padam :
                       a. Volatile storage : Peralatan penyimpanan yang datanya akan hilang jika terjadi aliran listrik padam.
                           contoh : RAM
                       b. Non Volatile storage : Peralatan penyimpanan yang datanya tidak hilang jika terjadi aliran listrik
                           padam. Contoh : ROM, Hardware, Flashdisk, floppy disk, CD, DVD.

    1
    2. Software (perangkat lunak),
    merupakan program-program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang dimengerti oleh komputer. Software terdiri dari beberapa jenis, yaitu ;
    ·      Sistem Operasi, seperti DOS, Unix, Linux, Novell, OS/2, Windows, Adalah software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masingnya dapat saling berkomunikasi. Tanpa ada sistem operasi maka komputer tak dapat difungsikan sama sekali.
    ·       Program Utility, seperti Norton Utility, Scandisk, PC Tools, dll.Program utility berfungsi untuk membantu atau mengisikekurangan/kelemahan dari system operasi, misalnya PC Tools dapat melakukan perintah format sebagaimana DOS, tapi PC Tools mampu memberikan keterang dan animasi yang bagus dalam proses pemformatan. File yang telah dihapus oleh DOS tidak dapat dikembalikan lagi tapi dengan program bantu hal ini dapat dilakukan.
    ·       Program Aplikasi, seperti GL, MYOB, Payroll dll. Merupakan program yang khusus melakukan suatu pekerjaan tertentu, seperti program gaji pada suatu perusahaan. Maka program ini hanya digunakan oleh bagian keuangan saja tidak dapat digunakan oleh departemen yang lain. Biasanya program aplikasi ini dibuat oleh seorang programmer komputer sesuai dengan permintaan / kebutuhan seseorang / lembaga/ perusahaan guna keperluan interennya.
    ·       Program Paket, seperti Microsofr office, Adobe fotoshop, macromedia studio, open office dll Adalah program yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat digunakan oleh banyak orang dengan berbagai kepentingan. Seperti MS-office, dapat digunakan oleh departemen keuangan untuk membuat nota, atau bagian administrasi untuk membuat surat penawaran dan lain sebagainya.
    ·      Bahasa Pemrograman, PHP, ASP, dBase, Visual Basic, dll.Merupakan software yang khusus digunakan untuk membuat program komputer, apakah itu sistem operasi, program paket dll. Bahasa pemrograman ini biasanya dibagi atas 3 tingkatan, yaitu ;
    1.       Low Level Language, bahasa pemrograman generasi pertama,bahasa pemrograman jenis ini sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin. Biasanya yang mengerti hanyalah pembuatnya saja.
    2.       Midle Level Language, merupakan bahasa pemrograman tingkat menengah dimana penggunaan instruksi sudah mendekati bahasa sehari-hari, walaupun begitu masih sulit untuk di mengerti karena banyak menggunakan singkatansingakatan seperti STO artinya simpan (singkatan dari STORE) dan MOV artinya pindah (singkatan dari MOVE).Yang tergolong kedalam bahasa ini adalah Assembler, ForTran (Formula Translator).
    3.    High Level Language, merupakan bahasa tingkat tinggi yang mempunyai cirri mudah dimengerti, karena menggunakan bahasa sehari-hari, seperti BASIC, dBase, Visual Basic, VB.Net dll.
    3.  Brainware (User)  
    User adalah personel-personel yang terlibat langsung dalam pemakaian komputer,seperti Sistem analis, programmer, operator, user, dll. Pada organisasi yang cukup besar, masalah komputerisasi biasanya ditangani oleh bagian khusus yang dikenal dengan bagian EDP (Electronic Data Processing), atau sering disebut dengan EDP Departemen, yang dikepalai oleh seorang Manager EDP.




    ARSITEKTUR  KOMPUTER

    I.   Pendahuluan
    Arsitektur disini dapat didefinisikan sebagai gaya konstruksi dan organisasi dari komponen-komponen sistem komputer. Walaupun elemen-elemen dasar komputer pada hakekatnya sama atau hampir semuanya komputer digital, namun terdapat variasi dalam konstruksinya yang merefleksikan cara penggunaan komputer yang berbeda.

    Tingkatan Dalam Arsitektur Komputer
    Ada sejumlah tingkatan dalam konstruksi dan organisasi sistem komputer. Perbedaan paling sederhana diantara tingkatan tersebut adalah perbedaan antara hardware dan software.

    1.    Tingkatan Dasar Arsitektur Komputer
    Pada tingkatan ini Hardware sebagai tingkatan komputer yang paling bawah dan paling dasar, dimana pada hardware ini “layer” software ditambahkan. Software tersebut berada di atas hardware, menggunakannya dan mengontrolnya. Hardarwe ini mendukung software dengan memberikan atau menyediakan operasi yang diperlukan software.

    2.    Multilayerd Machine
    Tingkatan dasar arsitektur komputer kemudian dikembangkan dengan memandang sistem komputer keseluruhan sebagai “multilayered machine” yang terdiri dari beberapa layer software di atas beberapa layer hardware.
    Berikut tingkatan layer tersebut :

    7.
    6.
    5.

    SOFTWARE LEVEL
    Applications Layer
    Higher Order Software Layer
    Operating System Layer
    4.
    3.
    2.
    1.

    HARDWARE LEVEL

    Machine Layer
    Microprogrammed Layer
    Digital Logic Layer
    Physical Device Layer

    Keterangan :
    1.    Physical  Device Layer 
          Merupakan komponen elektrik dan elektronik yang sangat penting
    2.    Digital Logic Layer
    Elemen pada tingkatan ini dapat menyimpan,memanipulasi, dan mentransmisi data dalam bentuk represeotasi biner sederhana.
    3.    Microprogrammed Layer
    Menginterprestasikan instruksi bahasa mesin dari layer mesin dan secaa langsung menyebabkan elemen logika digital menjalankan operasi yang dikehendaki. Maka sebenarnya ia adalah prosesor inner yang sangat mendasar dan dikendalikan oleh instruksi program kontrol primitifnya sendiri  yang disangga dalam ROM innernya sendiri. Instruksi program ini disebut mikrokode dan program kontrolnya disebut mikroprogram.
    4.    Machine Layer
    Adalah tingkatam yang paling bawah dimana program dapat dituliskan dan memang hanya instruksi  bahasa mesin yang dapat diinterprestasikan secara langsung oleh hardware.
    5.    Operating System Layer 
         Mengontrol cara yang dilakukan oleh semua software dalam menggunakan hardware yang mendasari (underlying) dan juga menyembunyikan kompleksitas hardware dari software lain dengan
          cara memberikan fasilitasnya sendiri yang memungkinkan software menggunakan hardware tersebut secara lebih mudah.
    6.    Higher Order Software Layer
    Mencakup semua program dalam bahasa selain bahasa mesin yang memerlukan penerjemahan ke dalam kode mesin sebelum mereka dapat dijalankan. Ketika diterjemahkan program seperti itu akan mengandalkan pada fasilitas sistem operasi yang mendasari maupun instruksi-instruksi mesin mereka sendiri.
    7.    Applications Layer
    Adalah bahasa komputer seperti yang dilihat oleh end-user.

    II.     Central Processing Unit (CPU)

    CPU atau satuan merupakan tempat pemrosesan instruksi-instruksi program. Pada komputer mikro, processor ini disebut  microprocessor. CPU terdiri dari dua bagian utama, yaitu unit kendali ( control unit) dan unit Aritmatika dan logika (arithmethic logic unit). Disamping dua bagian utama tersebut, CPU mempunyai beberapa simpanan yang berukuran kecil yang disebut register.

    Control Unit
                Bagian ini bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer. Control unit mengatur kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan pada alat output. Control Unit mengartikan instruksi-instruksi dari program komputer, membawa data dari alat input ke main memory, mengambil data dari main memory untuk diolah. Bila ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika, control unit mengirim instruksi tersebut ke aritmetic and logic unit. Hasil dari pengolahan data ini dibawa oleh control unit  ke main memory lagi untuk disimpan.
    Jadi tugas dari control unit adalah :
    1.    mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output
    2.    mengambil instruksi-instruksi dari main memory
    3.    mengambil data dari main memory kalau diperlukan oleh proses
    4.    mengirim instruksi ke aritmaetic and logic unit bila perhitungan aritmatik atau perbandingan logika serta mengawasi kerja aritmatik dan logika

    Referensi  :
  1. Muhammad Iqbal Habibie 

  2. Tidak ada komentar:

    Poskan Komentar